Selamat Datang di Jendela Den Ngabei. Download artikel dengan memberi komentar pada Ngabei Comment Box... pada halaman Unduh Artikel. 1 KLIK DOWNLOAD = Rp 1,-, uang yang sudah terkumpul akan disumbangkan untuk biaya buku siswa SD di tempat KKN saya, desa Ngargosari. Indonesia Jaya..!!. Blog ini berisikan tentang sistem tenaga listrik mulai dari pembangkitan, transmisi, distribusi, pemanfaatan energi listrik, hingga pengalaman praktis. Semoga bermanfaat..

Minggu, 22 Juli 2012

Metode Penggantian Isolator SUTT Barehand

Metode Barehand
   Metode Barehand merupakan metode pengembangan dari Metode Hot Stick. Pada metode ini, tidak hanya menggunakan peralatan bersifat isolatif, namun juga pekerja dapat menyentuh kawat bertegangan secara langsung. Inilah yang membedakan antara Metode Hot Stick dengan Metode Barehand.
   Dengan adanya sentuh langsung dengan kawat bertegangan, maka pekerja diharuskan agar memiliki tegangan yang sama dengan tegangan kawat tersebut. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan conductive suit. Alat ini berbentuk seperti pakaian yang akan memiliki tegangan yang sama dengan tegangan kawat penghantar jika pekerja (linesman) menyentuh kawat bertegangan tersebut.
   Ide ini didapatkan dari burung merpati yang tidak tersengat aliran listrik walaupun dia bertengger pada kawat fasa SUTT atau SUTET. Kuncinya adalah karena kedua kaki burung tersebut berpijak pada satu fasa kawat saja. Berbeda jika salah satu kaki dari burung tersebut bertengger pada kawat fasa sedangkan kaki yang lain bertengger pada kawat fasa lain atau kawat ground. Berikut adalah gambar conductive suite

Conductive Suite

   Jika dibandingkan dengan Metode Hot Stick, metode ini memiliki peralatan isolatif lebih sedikit. Sehingga kemungkinan pekerja (linesman) mengalami kecelakaan kerja karena faktor kelelahan dapat terkurangi. Namun, karena dalam proses kerjanya pekerja (linesman) menyentuh kawat bertegangan secara langsung, maka pekerja (linesman) harus terus fokus dapat melakukan tahap demi tahap penggantian isolator tersebut. Oleh karenanya, metode ini memiliki resiko bahaya yang lebih besar jika dibandingkan dengan Metode Hot Stick.

Artikel Terkait :


Tidak ada komentar:

Ngabei Comment Box...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...