Selamat Datang di Jendela Den Ngabei. Download artikel yang kamu mau pada halaman Unduh Artikel <> Blog ini berisikan tentang kelistrikan mulai dari pembangkitan, transmisi, distribusi, pemanfaatan energi listrik, hingga pengalaman praktis <> Semoga bermanfaat dan mari berbagi..

Minggu, 22 Juli 2012

Komponen - Komponen Simetri

   Sistem tak seimbang yang memiliki jumlah fasor tertentu ternyata dapat diuraikan menjadi komponen-komponen simetri, yaitu komponen urutan positif, urutan negatif dan urutan nol. Komponen urutan positif terdiri dari tiga fasor sama besar, saling terpisah 120 derajat dan urutan fasa sama dengan fasor asli. Dilambangkan dengan subskrip 1. Komponen urutan negatif hampir sama dengan urutan positif namun urutan fasanya berlawanan dengan fasor aslinya. Dilambangkan dengan subskrip 2. Komponen urutan nol terdiri dari tiga fasor sama besar dan memiliki pergeseran fasa nol antara fasor satu dengan lainnya. Dilambangkan dengan subskrip 0.
     Untuk mendapatkan komponen simetri dari tiga fasor sistem tak seimbang dapat digunakan perkalian matrix berikut :

     Sedangkan untuk mendapatkan tiga fasor tidak seimbang dari komponen simetri dapat digunakan perkalian matrix sebagai berikut :


, dimana :

Tidak ada komentar:

Ngabei Comment Box...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...