Selamat Datang di Jendela Den Ngabei. Download artikel dengan memberi komentar pada Ngabei Comment Box... pada halaman Unduh Artikel. 1 KLIK DOWNLOAD = Rp 1,-, uang yang sudah terkumpul akan disumbangkan untuk biaya buku siswa SD di tempat KKN saya, desa Ngargosari. Indonesia Jaya..!!. Blog ini berisikan tentang sistem tenaga listrik mulai dari pembangkitan, transmisi, distribusi, pemanfaatan energi listrik, hingga pengalaman praktis. Semoga bermanfaat..

Jumat, 05 Oktober 2012

3 Fakta Mengapa Harus Berhemat Listrik

Mungkin lucu kedengarannya, kalau seorang “penjual” justru menghimbau “pembeli” nya agar tidak membeli barang yang dijual dalam jumlah banyak. Bukankah pembelian dari barang tersebut akan memberikan keuntungan yang berlipat ganda bagi si “penjual”? Lalu, mengapa hal ini justru tidak di lakukan? Apakah si “Penjual” tidak menginginkan keuntungan?

Simbol-Simbol Alat Ukur


Pada setiap alat ukur listrik yang kita gunakan, pastilah terdapat beberapa simbol yang melekat pada alat ukur tersebut. Dengan adanya simbol pada suatu alat ukur, maka kita sebagai pengguna dapat mengetahui karakteristik dari alat ukur tersebut sehingga kita dapat menggunakannya dengan baik dan benar. Untuk lebih memperjelas hal tersebut, berikut adalah penjelasan mengenai beberapa simbol yang terdapat pada suatu alat ukur.

Osiloskop (Oscilloscope)

Osiloskop (Oscilloscope) merupakan sebuah alat pengukur besaran listrik yang mana nilai yang diukur adalah berupa nilai maksimal dan hasil pengukurannya ditampilkan pada suatu layar/ display. Besaran yang dapat diukur oleh osiloskop meliputi : arus, tegangan, waktu dan frekuensi, beda fasa, dsb.