Selamat Datang di Jendela Den Ngabei. Download artikel dengan memberi komentar pada Ngabei Comment Box... pada halaman Unduh Artikel. 1 KLIK DOWNLOAD = Rp 1,-, uang yang sudah terkumpul akan disumbangkan untuk biaya buku siswa SD di tempat KKN saya, desa Ngargosari. Indonesia Jaya..!!. Blog ini berisikan tentang sistem tenaga listrik mulai dari pembangkitan, transmisi, distribusi, pemanfaatan energi listrik, hingga pengalaman praktis. Semoga bermanfaat..

Jumat, 20 Juli 2012

Penggantian Isolator Pada SUTT Secara Online

Pada suatu saluran udara tegangan tinggi (SUTT), biasanya ditemukan gangguan-gangguan, seperti surja petir dan surja hubung. Gangguan-gangguan ini terkadang menimbulkan arus gangguan yang menyebabkan isolator pada suatu sistem transmisi rusak. Isolator yang rusak tidak dapat diperbaiki, melainkan harus diganti. Pada awal pembangunan SUTT, untuk mengganti isolator yang rusak, perusahaan listrik harus memadamkan listrik terlebih dahulu. Hal ini tentunya menimbulkan kerugian material tersendiri bagi perusahaan kelistrikan tersebut.
Untuk mengatasi hal ini, saat ini terdapat metode khusus penggantian isolator tanpa pemadaman listrik (Online). Metode tersebut adalah metode Hot Stick dan metode Barehand.
Metode Hot Stick merupakan metode penggantian isolator pertama didunia yang digunakan untuk mengganti SUTT, dimana petugas yang mengganti (linesman) isolator tersebut tidak diperkenankan menyentuh kawat konduktor secara langsung dengan tangan, melainkan harus menggunakan peralatan-peralatan tertentu yang bersifat isolatif.
Metode Barehand merupakan metode penggantian isolator pengembangan dari metode Hot Stick. Pada metode ini, petugas yang mengganti (linesman) telah dapat menyentuh konduktor bertegangan langsung dengan tangannya. Namun terkadang, dibutuhkan juga alat-alat seperti yang digunakan pada metode Hot Stick. Metode Barehand memungkinkan linesman memiliki tegangan yang sama dengan tegangan konduktor. Sehingga, pada setiap pelaksanaan penggantian isolator, linesman menggunakan pakaian konduktif (conductive suite).
Sumber Gambar : pln.co.id

Tidak ada komentar:

Ngabei Comment Box...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...