Selamat Datang di Jendela Den Ngabei. Download artikel dengan memberi komentar pada Ngabei Comment Box... pada halaman Unduh Artikel. 1 KLIK DOWNLOAD = Rp 1,-, uang yang sudah terkumpul akan disumbangkan untuk biaya buku siswa SD di tempat KKN saya, desa Ngargosari. Indonesia Jaya..!!. Blog ini berisikan tentang sistem tenaga listrik mulai dari pembangkitan, transmisi, distribusi, pemanfaatan energi listrik, hingga pengalaman praktis. Semoga bermanfaat..

Minggu, 22 Juli 2012

Metode Penggantian Isolator SUTT Hot Stick

Metode Hot Stick
  Metode Hot Stick merupakan metode penggantian isolator yang pertama kali yang digunakan dalam PDKB pada saluran transmisi. Dalam proses kerjanya, pekerja (linesman) tidak diperkenankan untuk menyentuh kawat fasa langsung dengan tangannya, melainkan dengan menggunakan alat-alat yang bersifat isolatif yang berfungsi sebagai pemisah tegangan antara kawat fasa dengan pekerja (linesman) agar tidak terjadi hubung singkat. Dengan adanya peralatan yang lengkap dan tahapan pekerjaan yang benar, maka dapat dipastikan orang yang melakukan pekerjaan penggantian isolator ini dalam keadaan aman.

   Seperti yang telah dijelaskan pada paragraf sebelumnya, metode ini memiliki beberapa kelebihan yaitu memungkinkan pekerja tidak menyentuh  kawat bertegangan secara langsung. Melainkan dengan menggunakan peralatan yang bersifat isolatif. Sehingga pekerja akan lebih aman dari kecelakaan kerja. Selain itu, langkah-langkah pengerjaan penggantian isolator ini lebih sederhana dan lebih mudah dilakukan jika dibandingkan dengan Metode Barehand.
   Saat ini, tegangan pada saluran transmisi semakin ditingkatkan. Semakin meningkatnya tegangan transmisi ini, maka akan berpengaruh pula pada pekerjaan penggantian isolator ini. Semakin meningkat tegangan transmisi, maka bahan isolasi pada peralatan yang digunakan juga akan semakin besar. Semakin besarnya bahan isolasi, maka alat tersebut juga semakin berat dan semakin mahal. Jika peralatan semakin berat, maka akan mempengaruhi kinerja dari pekerja (linesman). Pekerja yang menggunakan alat yang berat akan semakin mudah lelah dan selanjutnya akan berpengaruh pula pada mudah atau tidaknya pekerja tersebut terkena kecelakaan kerja. Sehingga metode ini relatif jarang digunakan untuk tegangan ekstra tinggi.

Artikel Terkait :

Tidak ada komentar:

Ngabei Comment Box...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...