Selamat Datang di Jendela Den Ngabei. Download artikel yang kamu mau pada halaman Unduh Artikel <> Blog ini berisikan tentang kelistrikan mulai dari pembangkitan, transmisi, distribusi, pemanfaatan energi listrik, hingga pengalaman praktis <> Semoga bermanfaat dan mari berbagi..

Minggu, 22 Juli 2012

Penyelesaian Gangguan Tak Simetri Line to Line

     Gangguan Line to Line adalah gangguan yang terjadi pada sistem yang tidak seimbang, dimana salah satu fasanya mengalirkan arus gangguan ke fasa yang lain. Pada pembahasan kali ini, gangguan terjadi pada fasa b dan c, sehingga terlihat bahwa dari fasa b tersebut mengalir arus gangguan (If) ke fasa c dan biasanya terdapat impedansi gangguan yang dilambangkan dengan Zf. Untuk mengetahui arus gangguan tersebut, dapat dicari dengan menggunakan metode urutan fasa dan metode matriks. Untuk mencari arus gangguan (If) dengan menggunakan metode urutan fasa, berikut adalah penjelasan mengenai langkah-langkah pengerjaannya



     Jika dalam perhitungan tidak diketahui impedansi gangguannya, (Zf), maka dapat dituliskan dengan nilai nol. Karena pada pembahasan diatas dimisalkan fasa yang mengalami gangguan adalah fasa b dan fasa c, maka arus gangguan (If) dari gangguan tersebut adalah sama dengan arus pada fasa b (Ib) atau negatif arus fasa c (Ic) (Lihat arah arus gambar awal)

Artikel Terkait :

Tidak ada komentar:

Ngabei Comment Box...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...