Selamat Datang di Jendela Den Ngabei. Download artikel yang kamu mau pada halaman Unduh Artikel <> Blog ini berisikan tentang kelistrikan mulai dari pembangkitan, transmisi, distribusi, pemanfaatan energi listrik, hingga pengalaman praktis <> Semoga bermanfaat dan mari berbagi..

Sabtu, 20 Oktober 2012

Megaohmmeter (Megger)

    Megaohmmeter (Megger) merupakan suatu meter tahanan isolasi. Alat ukur ini dapat mengukur tahanan isolasi instalasi tegangan menengah maupun tegangan rendah. Untuk instalasi tegangan menengah ,digunakan Meger dengan batas ukur mega sampai gigaohm dan tegangan alat ukur antara 5.000 volt sampai dengan 10.000 volt arus searah.

    Untuk instalasi tegangan rendah digunakan Meger dengan batas ukur sampai megaohm dan tegangan alat ukur antara 500 sampai 1.000 volt arus searah.
    Ketelitian hasil ukur dari meger cukup ditentukan oleh tegangan baterai yang dipasang pada alat ukur tersebut.

Bagaimana prinsip kerja dari Megaohmmeter (Megger)?

Megger jenis rotating handle memiliki generator di dalamnya yang membangkitkan tegangan tinggi dan menyimpannya pada sebuah kapasitor, tegangan pada kapasitor kemudian digunakan untuk memberi tekanan elektris kepada benda yang sedang diuji. Sedangkan arus diukur pada tekanan elektris yang menimbulkan resistansi atau breakdown.

Unit baterai portabel dioperasikan dengan menggunakan faktor pengali tegangan untuk meningkatkan tegangan agar sampai ke tingkat tegangan pengujian. Beberapa orang mungkin juga menggunakan sirkuit  inverter dc ke dc.

Konsep umum dari tester megger adalah untuk memberi tekanan elektris pada benda yang diuji dengan tegangan tinggi dan untuk mengukur resistansi atau tegangan tembus di bawah tekanan dari tegangan tinggi yang diberikan.

Sumber : en.allexperts.com

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...