Selamat Datang di Jendela Den Ngabei. Download artikel dengan memberi komentar pada Ngabei Comment Box... pada halaman Unduh Artikel. 1 KLIK DOWNLOAD = Rp 1,-, uang yang sudah terkumpul akan disumbangkan untuk biaya buku siswa SD di tempat KKN saya, desa Ngargosari. Indonesia Jaya..!!. Blog ini berisikan tentang sistem tenaga listrik mulai dari pembangkitan, transmisi, distribusi, pemanfaatan energi listrik, hingga pengalaman praktis. Semoga bermanfaat..

Sabtu, 12 Januari 2013

Harmonisa Triplen

Filter Harmonisa
Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas daya listrik adalah dengan menghilangkan harmonisa. Harmonisa triplen termasuk dalam salah satu jenis harmonisa yang memiliki dampak yang buruk pada sistem kelistrikan terutama pada transformator. Harmonisa triplen adalah harmonisa dengan kelipatan ketiga (h = 3, 9, 15, 21, ...). Disebut juga harmonisa urutan nol.



Penyebab Harmonisa Triplen
Penyebab timbulnya harmonik kelipatan tiga ganjil adalah adanya beban non linier. Beban non linier meliputi :
-Tungku Busur Api (Pengecoran Logam)
- Las
- Inti Magnet Pada Trafo dan Mesin-Mesin Berputar
- Mesin-Mesin Sinkron
- Adjustable Speed Drives (SPD)
- Solid State Switch
- Transmisi Tegangan DC
- Inverter Photovoltaik

Arah Aliran Arus Harmonisa Triplen Pada Trafo 3 Fasa

Akibat Adanya Harmonisa Triplen
Transformator, khususnya hubungan netral, rentan terhadap panas ketika melayani beban fase tunggal di sisi wye yang memiliki konten harmonik ketiga yang tinggi.

Arus Pada Kawat Netral Tinggi

Cara Mengatasi Harmonisa Triplen
Memperbesar Kawat Netral
Setiap sistem distribusi biasanya memakai sistem 3 phase empat kawat, yaitu 3 kawat untuk ketiga phase dan 1 kawat lagi untuk netral. Apabila beban yang dipasok non linier sehingga pengaruh harmonik lebih dominan maka untuk mengatasi panas lebih pada kawat netral akibat pengaruh harmonik sebaiknya ukuran kawat netral diperbesar dari ukuran standarnya. 

Tidak ada komentar:

Ngabei Comment Box...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...