Selamat Datang di Jendela Den Ngabei. Download artikel dengan memberi komentar pada Ngabei Comment Box... pada halaman Unduh Artikel. 1 KLIK DOWNLOAD = Rp 1,-, uang yang sudah terkumpul akan disumbangkan untuk biaya buku siswa SD di tempat KKN saya, desa Ngargosari. Indonesia Jaya..!!. Blog ini berisikan tentang sistem tenaga listrik mulai dari pembangkitan, transmisi, distribusi, pemanfaatan energi listrik, hingga pengalaman praktis. Semoga bermanfaat..

Jumat, 20 Juli 2012

Rangkaian Penyearah (Rectifier)

Rangkaian Penyearah (Rectifier) merupakan salah satu jenis rangkaian elektronika daya yang dapat mengubah tegangan bolak-balik (AC) menjadi tegangan searah (DC). Untuk mengubah tegangan AC menjadi DC, komponen elektronika daya yang dapat digunakan adalah dioda, SCR (Silicon Controlled Rectifier), IGBT.
Berdasarkan bentuk gelombang keluarannya, rangkaian penyearah dapat dibagi menjadi 2, yaitu :
- Penyearah Setengah Gelombang
Penyearah setengah gelombang ini hanya dapat menyearahkan setengah gelombang dari satu gelombang tegangan masukannya (sinusoidal). Berdasarkan komponen penyearah yang digunakan, penyearah setengah gelombang ini dapat dibagi menjadi 2, yaitu : terkontrol dan tak terkontrol. Penyearah setengah gelombang tak terkontrol menggunakan komponen dioda sebagai penyearahnya. Kenapa tak terkontrol? Hal ini dikarenakan proses penyearahan ini hanya membutuhkan karakteristik alami dari dioda itu sendiri tanpa diberi pemicuan eksternal. Karakter alami dari dioda adalah membias maju tegangan positif dan membias mundur tegangan negatif. Sedangkan penyearah setengan gelombang terkontrol menggunakan komponen terkontrol dalam proses penyearahannya, yaitu SCR, IGBT, dll. Kenapa terkontrol? Hal ini dikarenakan untuk menyearahkan tegangan sinusoidal dibutuhkan pemicuan dari luar tergantung komponen penyearahnya. Jika digunakan SCR, maka untuk memicu dibutuhkan arus, untuk IGBT digunakan tegangan untuk memicu. Pemicuan dapat dilakukan untuk mendapatkan bentuk gelombang keluaran yang sesuai dengan keinginan si pembuatnya. Pengaturan pemicuan ini dilakukan dengan mengatur sudut pemicuan
- Penyearah Gelombang Penuh
Penyearah gelombang penuh ini dapat menghasilkan dua gelombang positif untuk setiap satu periode gelombang masukannya. Seperti halnya penyearah setengah gelombang, penyearah gelombang penuh ini juga dibagi menjadi 2, yaitu terkontrol dan tak terkontrol, sesuai dengan jenis komponen penyearah yang digunakan pada rangkaian tersebut.

Sumber Gambar : calibrepower.co.uk

Tidak ada komentar:

Ngabei Comment Box...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...