Selamat Datang di Jendela Den Ngabei. Download artikel dengan memberi komentar pada Ngabei Comment Box... pada halaman Unduh Artikel. 1 KLIK DOWNLOAD = Rp 1,-, uang yang sudah terkumpul akan disumbangkan untuk biaya buku siswa SD di tempat KKN saya, desa Ngargosari. Indonesia Jaya..!!. Blog ini berisikan tentang sistem tenaga listrik mulai dari pembangkitan, transmisi, distribusi, pemanfaatan energi listrik, hingga pengalaman praktis. Semoga bermanfaat..

Jumat, 16 November 2012

5 Pembangkit Listrik Energi Alternatif Teraneh di Dunia

Petir (Lightning)
  Masalah krisis energi  sudah menjadi masalah dunia internasional, Hal ini dikarenakan bahan bakar fosil yang semakin menipis dan semakin mahalnya minyak dunia. Berbagai macam cara digunakan untuk menyelesaikan masalah krisis energi ini, salah satunya adalah dibuatnya pembangkit listrik energi alternatif. Namun, ada beberapa pembangkit listrik alternatif yang kurang lazim untuk digunakan untuk membangkitkan energi listrik. Berikut adalah 5 pembangkit listrik energi alternatif teraneh didunia.

1. Pembangkit listrik Tenaga Mayat
  Apa mungkin mayat menjadi sumber tenaga listrik? Jawabannya, iya, tepatnya di krematorium Inggris. Karena jera dengan limbah merkuri yang meresahkan masyarakat dari sisa pembakaran mayat, krematorium melakukan renovasi besar-besaran dan hasilnya pembakaran mayat yang sebelumnya meresahkan masyarakat kini dapat dimanfaatkan menjadi tenaga Listrik 250 kWh atau setara dengan menyalakan 1500 unit televisi di rumah.

Pembangkit Listrik Tenaga Mayat


2. Pembangkit Listrik Tenaga Hewan
  Jepang tak henti-hentinya melakukan inovasi yang unik dan aneh, mereka membuat sebuah pohon natal penuh lampu tapi anehnya mereka memakai tenaga listrik yang dihasilkan dari hewan, mereka mengunakan belut listrik untuk menyalahkan lampu-lampu pohon natal. Caranya cukup mudah, mereka hanya menyiapkan aquarium yang memiliki elektroda (anoda dan katoda), dan hasilnya listrik tenaga hewan siap digunakan.

Pembangkit Listrik Tenaga Hewan

3. Pembangkit Listrik Tenaga Air Toilet
  Ini juga tidak kalah unik dan gila, menurut survei rata-rata setiap orang  buang air 7000 liter setiap tahunnya di toilet model fluhsher, bayangkan kalau seluruh dunia. Maka milyaran air akan terbuang sia-sia dan mubazir, dari itulah muncul ide gila ciptaan oleh Tom Broadbent. Dia menciptakan tenaga listrik tenaga air buangan toilet yang dinamakan Hydro Power. Cara kerjanya adalah dengan memutar turbin dari hasil air dari toilet yang selanjutnya akan menghasilkan tenaga listrik pada generatornya. Sayangnya, Indonesia belum menerapkan hal ini.

Pembangkit Listrik Tenaga Toilet

4. Pembangkit Listrik Tenaga Petir
  Yang satu ini harus menunggu petir datang dulu. Tidak berlaku pada saat musim kemarau. Logikanya bahwa petir mempunyai muatan (+), dan media yang digunakan harusnya bermuatan (-). Mudah, kan? Satu yang harus kita lakukan adalah membuat perangkat bermuatan negatif dan ditempatkan ditempat yang tinggi. Dan kalau berhasil, maka anda memiliki listrik untuk seisi kota selama satu bulan karena satu sambaran petir saja mampu menghasilkan tegangan lebih dari satu juta volt, dan kalau gagal maka rumah anda akan terbakar seketika.

Pembangkit Listrik Tenaga Petir


5. Pembangkit Listrik Tenaga Sampah
  Nah yang ini nih paling inovatif, membangkitkan listrik dengan menggunakan sampah sebagai sumber tenaga Listrik. Tepatnya di Korea Selatan membuat pembangkit listrik tenaga sampah (PLTS) terbesar di dunia dengan kapasitas 50 megawatt tepatnya di kota Incheon, bayangkan PLTS dapat menyuplai listrik ke 180 ribu rumah tangga dan penghematan impor minyak Korsel sampai 500 ribu barel pertahunnya. Kalau pakai ini otomatis masalah sampah dan krisis listrik di indonesia bisa diatasi ya. Karena indonesia adalah ladangnya sampah khususnya kota-kota besar di Indonesia.

Pembangkit Listrik Tenaga Sampah

Sumber :
- uniknya.com/2012/06/04/5-sumber-energi-alternatif-teraneh-didunia
- kk.mercubuana.ac.id/files/14061-8-660332819063.doc

Sumber Gambar : 
- environment.nationalgeographic.com
- uniknya.com

Tidak ada komentar:

Ngabei Comment Box...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...